Pandemi Corona (COVID 19) yang melanda mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia, salah satunya peribadatan. Gereja Katolik (terutama yang di Keuskupan Semarang) menutup gereja dari segala bentuk peribadtan tatap muka sejak awal pandemi. Peribadatan, Misa, secara live streaming (online/daring) menjadi opsi para umat untuk bisa terus memumpuk iman di masa pandemi ini.

Gereja Boro juga tidak lepas dari dampak ini. Sejak akhir bulan Maret 2020 (23 Maret) Gereja Boro meniadakan semua peribadatan secara tatap muka dan mengadakan Misa Live Streaming dalam Bahasa Jawa sebagai penggantinya. Misa Online dalam Bahasa Jawa di gereja Boro kemudian menjadi rujukan bagi para umat di luar Boro yang menginginkan Misa Berbahasa Jawa.

PESAN BAPA SUCI PAUS FRANSISKUS

PADA HARI KOMUNIKASI SOSIAL SEDUNIA YANG KE 54

“Supaya Engkau Dapat Menceritakan Kepada Anak Cucumu” (Kel 10:2)

 

 Hidup Menjadi Cerita

Saya ingin mengkhususkan pesan tahun ini pada tema “Cerita”.  Karena saya yakin, kita perlu menghirup kebenaran dari cerita-cerita yang baik supaya tidak tersesat. Itulah cerita yang membangun, bukan menghancurkan; cerita yang membantu menemukan kembali akar dan kekuatan untuk bergerak maju bersama.  

Di tengah-tengah hiruk-pikuk suara dan pesan membingungkan, kita butuh cerita manusiawi yang bicara tentang diri sendiri dan segala keindahan di sekitar. Cerita yang mampu memandang dunia dan peristiwa dengan penuh kelembutan. Yang bisa menceritakan, kita bagian dari permadani hidup dan saling terhubung. Cerita yang mengungkapkan jalinan benang yang menghubungkan kita satu sama lain.

            Dalam rangka merayakan hari Valentine tahun 2020, OMK Lingkungan Santo Thomas  Gerpule mengadakan kegiatan TalkShow dengan tema “Memaknai Valentine di Zaman Milenial”. Acara ini berlangsung pada 15 Februari 2020 dari jam 19.00 – 21.30 bertempat di Kapel Gerpule. Selain untuk merayakan Valentine, acara ini juga bertujuan untuk mengumpulkan kembali OMK di Lingkungan Gerpule yang telah lama vakum. Harapan dari acara ini supaya kaum muda di Lingkungan Gerpule dapat berkumpul kembali dalam wadah OMK Santo Thomas. Dalam kesempatan ini hadir juga Fr. Adhi  yang sedang menjalani TOP di Paroki Boro untuk membatu proses berjalannya TalkShow. Proses acara dibagai menjadi dua sesi, pertama mendalami arti dari perayaan Valentine bersama Fr Adhi dan sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi tentang memaknai valentine di zaman milenial.

 

 

 

Doa Ratu Surga Paus Fransiskus

Perpustakaan Istana Kepausan

Minggu, 3 Mei 2020

 

Saudara-saudari terkasih, selamat pagi!

 

Minggu Paskah Keempat, yang kita rayakan hari ini, dipersembahkan kepada Yesus Sang Gembala Baik. Injil mengatakan demikian: “Domba-dombamendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya” (Yoh 10:3). Tuhan memanggil kita menurut nama kita, Ia memanggil kita karena Ia mengasihi kita. Akan tetapi, Injil mengatakan, ada suara-suara lain yang tidak boleh diikuti, yaitu suara orang-orang asing, para pencuri dan perampok yang ingin mencelakakan kawanan domba.

 

 

 

Cerita dari Jambore Komsos #1 Kevikepan Yogyakarta @ Wisma Salam, 15 – 16 Februari 2020

 

 

 

Weekend, 15 – 16 Februari 2020, perwakilan anggota tim Komsos  dan beberapa biarawati dari paroki - paroki di Kevikepan Yogyakarta mendapat kesempatan untuk mengikuti Jambore Komsos yang pertama, yang diselenggarakan oleh Komsos Kevikepan DIY bersama Komsos Keuskupan Agung Semarang, di Wisma Salam, Magelang.

Page 1 of 3